PENGERTIAN ANALISIS SISTEM INFORMASI

Oktober 26, 2008 susipujiastuti

PENGERTIAN ANALISIS SISTEM INFORMASI

Pengertian Analisis Sistem

Menurut Yogiyanto (1995) analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Menurut Kristanto (2003) analisis sistem adalah suatu proses mengumpulkan dan menginterpretasikan kenyataan-kenyataan yang ada, mendiagnosa persoalan dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem.
Menurut Yogiyanto (1995) analis sistem (analis informasi) adalah orang yang menganalis sistem (mempelajari masalah-masalahan yang timbul dan menentukan kebutuhan pemakai sistem) untuk mengidentifikasikan pemecahan permasalahan tersebut.
Menurut Kristanto (2003) analis sistem adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis sebuah sistem, memilih alternatif pemecahan masalah dan menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan komputer.

Peranan Analis Sistem
Analis sistem secara sistematis menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses organisasional. Dengan demikian, analis sistem mempunyai tiga peranan penting, yaitu :
1. Sebagai konsultan
2. Sebagai ahli pendukung
3. Sebagai agen perubahan

Tugas Analis Sistem
Adapun tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang analis sistem adalah :
1. mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
2. menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan pada sistem tersebut dan melaporankan semua kekurangan tersebut kepada pemakai sistem.
3. merancang perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.
4. menganalisis dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argumen tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari pemakian sistem yang baru tersebut.
5. mengawasi semua kegiatan terutama yang berkaitan dengan sistem yang baru tersebut.

Penguraian dari suatu Sistem Informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya.

Tahapan Analisis sistem

Tahap analisis merupakan tahap yang paling kritis dan sangat penting, karena kesalahan di tahapan ini akan menyebabkan kesalahan di tahap selanjutnya

Hasil dari analisis sistem adalah:

laporan yang dapat menggambarkan sistem yang telah dipelajari dan diketahui bentuk permasalahannya serta rancangan sistem baru yag akan dibuat atau dikembangakan.

Tujuan Analisis Sistem

Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan

Membantu para pemngambil keputusan

Mengevaluasi sistem yang telah ada

Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru

Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem

Yang perlu diperhatikan oleh Analisis Sistem

Mempelajari permasalahan yang ada secara terinci

Menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah

Membuat suatu pertimbangan apakah perlu atau tidak menggunakan cara komputerisasi.

Langkah langkah dalam Pengerjaan Analisis sistem

Mengidentifikasi masalah

Mengidentifikasi penyebab masalah

Analisis sistem

Mengidentifikasi solusi dari masalah

Analisis Kebutuhan

Mengidentifikasi data apa dan proses apa yang dibutuhkan pada sistem baru.

Menentukan kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari sistem baru

Kebutuhan fungsional

Menunjukkan what the system should do.

Menunjukkan fasilitas apa yang dibutuhkan serta aktivitas apa saja yang terjadi dalam sistem baru.

Kebutuhan fungsional mencakup:

Fungsi deskripsi kebutuhan

Laporan baik hardcopy maupun softcopy

Updating dan query online

Penyimpanan data, pencarian kembali dan transfer data

Kebutuhan Non Fungsional mencakup:

Waktu respon

Rata-rata waktu untuk kegagalan

Kebutuhan keamanan

Akses untuk pengguna yang tidak punya hak

pa-apa, dicantumkan juga boleh

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Oktober 2008
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip

Meta

Tulisan Terakhir

Kategori

Kategori

Komentar Terbaru

Mr WordPress pada Hello world!